PT ILCS secara resmi meluncurkan aplikasi Parama di Pelabuhan Teluk Bayur dan Jambi sebagai bagian dari upaya transformasi digital layanan kepelabuhanan Pelindo Group. Parama merupakan portal pelanggan berbasis web yang memungkinkan pengguna melakukan transaksi layanan petikemas secara mandiri dengan tampilan yang lebih modern dan mudah digunakan. Inisiatif ini mencerminkan komitmen berkelanjutan ILCS sebagai IT Solution Provider Pelindo dalam menghadirkan sistem digital yang andal, efisien, dan terintegrasi di seluruh pelabuhan Indonesia.

Transformasi digital layanan kepelabuhanan terus bergerak maju. Kali ini, aplikasi Parama resmi diluncurkan di dua pelabuhan strategis milik PT Pelabuhan Indonesia (Persero), yakni Teluk Bayur dan Jambi. Peluncuran ini menjadi bagian dari upaya berkelanjutan PT ILCS dalam meningkatkan kualitas layanan dan efisiensi operasional di lingkungan Pelindo Group.

 

Parama dikembangkan sebagai portal pelanggan dengan teknologi web-based sebagai sarana pelanggan melakukan transaksi layanan petikemas secara mandiri. Dengan tampilan yang lebih modern dan navigasi yang mudah dipahami, Parama menghadirkan pengalaman baru bagi para pengguna jasa pelabuhan.

 

Peluncuran Parama ini juga tak lepas dari dukungan penuh PT ILCS kepada PT Pelabuhan Indonesia (Persero) sebagai IT Solution Provider dalam menghadirkan sistem digital yang lebih andal, efisien, dan terintegrasi. ILCS berperan dalam memastikan sistem Parama dapat digunakan secara optimal di berbagai wilayah kerja Pelindo, termasuk di Teluk Bayur dan Jambi.

 

"Kami di ILCS berkomitmen untuk terus mendukung langkah-langkah digitalisasi Pelindo. Parama adalah salah satu bentuk nyata kolaborasi untuk menghadirkan layanan pelabuhan yang lebih modern dan transparan" ujar GM Container Terminal Digital Solution

 

Salah satu testimoni datang dari Anggun, perwakilan dari PT Arlisco Putra Perkasa di Pelabuhan Teluk Bayur. Ia menyampaikan, "Aplikasi Parama sangat mempermudah pekerjaan saya, terutama dalam penginputan kontainer. Sistem ini juga menghadirkan menu-menu baru yang sebelumnya tidak tersedia di sistem server lama. Dengan tampilan yang menarik, proses input data menjadi jauh lebih mudah dipahami. Harapan saya, inovasi-inovasi seperti ini terus ditingkatkan di masa mendatang."

 

Dengan mengedepankan teknologi, PT ILCS berkomitmen untuk terus mendukung Pelindo Group dalam menciptakan sistem layanan pelabuhan yang reliable, efisien, dan terintegrasi. Peluncuran Parama di Teluk Bayur dan Jambi adalah salah satu wujud nyata dari transformasi digital yang berorientasi pada peningkatan pelayanan kepada pengguna jasa.


Back to list

Berita Lainnya

09 Des 2025

Pelindo Solusi Digital Tegaskan Komitmen Anti-Korupsi dengan Mengusung “Dudung Beretika” sebagai Program Edukasi Integritas

Pelindo Solusi Digital menegaskan kembali komitmennya dalam memperkuat integritas perusahaan dengan memperkenalkan “Dudung Beretika,” sebuah kampanye edukasi internal yang dirancang untuk mendorong pe...

01 Des 2025

Pelindo Solusi Digital Perkuat Respons Kemanusiaan di Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Aceh

Pelindo Solusi Digital memperkuat perannya dalam upaya kemanusiaan nasional dengan menyalurkan bantuan bagi masyarakat yang terdampak banjir dan tanah longsor di Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Ac...

01 Des 2025

Pelindo Solusi Digital Luncurkan RCSA AI: Tonggak Pertama Transformasi Manajemen Risiko Berbasis AI di Pelindo

Pelindo Solusi Digital resmi memperkenalkan RCSA AI, inovasi pertama berbasis kecerdasan buatan yang dirancang untuk memperkuat proses manajemen risiko di lingkungan Pelindo Group. Kehadiran teknologi...

WhatsApp