full

Easy to manage

Request Rate
full

More efficient

Request Rate
FITUR WMS CLOUD

Receiving Planning

Untuk prosedur receiving, user dapat menggunakan modul receipt pada sistem WMS Cloud untuk perencanaan penerimaan barang yang akan masuk ke gudang sesuai dengan dokumen BC 1.1 dan dokumen PLP yang sudah disetujui oleh Bea Cukai.

Pada menu ini, user dapat mendaftarkan barang-barang yang akan diterima oleh gudang, mencari dan menambahkan barang, lokasi penempatan barang, serta perkiraan waktu dan tanggal kedatangan barang.

Ketika produk yang telah didaftarkan telah sampai di gudang, user dapat menggunakan menu transfer untuk memindahkan produk yang sudah dating dari staging area ke area taksasi (count) dan QC yang akan dibahas pada point berikutnya.

Count & Quality Control

User dapat mendaftarkan barang yang telah ditransfer dari menu Receiving ke menu Count & Quality Control untuk melakukan pengecekan fisik barang, perhitungan, serta proses quality control barang-barang tersebut. Pada menu ini terdapat grafik gauge yang menunjukkan status cargo telah ditransfer dari menu Receiving untuk dilakukan proses count dan quality control seperti pada gambar di bawah.

Adapun proses count dan quality control yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Count (Taksasi)

Petugas membuat perencanaan untuk taksasi atau disebut dengan Count. Pada proses taksasi, cargo yang masuk dihitung secara tepat serta manual dan selanjutnya diinput kedalam sistem dengan cara memasukkan data kargo kedalam menu Count & QC dengan tujuan selanjutnya yaitu Quality Control.

  • Quality Control

Dalam proses Quality Control kargo dilakukan proses pengecekan secara fisik. Proses Quality Control ini diawali dengan create atau pembuatan planning juga seperti proses yang lainnya.

Barcode Process

Setiap kargo yang masuk kedalam gudang dan telah melewati prose Count & QC akan ditempelkan barcode sebagai pengenal dan penentu identitas Product Id. Barcode yang dibutuhkan untuk di tempel dapat di print dari sistem WMS Cloud.

Good Receive Notes

Good Receive Notes adalah proses dimana kargo-kargo yang telah masuk kedalam gudang dan telah melewati proses taksasi dan quality control di buatkan berita acara penerimaan kargo dengan status dan kondisi kargo didalamnya. Good Receive Notes ini menjadi akhir dari proses inbound.

Pick

Menu Pick adalah menu dimulainya Proses Outbound pada aplikasi WMS Cloud. User diperkenankan untuk mendaftarkan lebih dahulu barang-barang/ kargo yang rencananya akan dikeluarkan. Kargo-kargo tersebut akan diambil dari lokasi penyimpanan (rak atau lantai) ke staging area dengan menggunakan Picking Wave dan cetak task list picking untuk selanjutnya dilakukan proses Pack.

Pack

Setelah melakukan picking, user diharuskan untuk melakukan proses selanjutnya yang tertera pada destination location yaitu proses packing atau Packing Zone, kecuali user telah mendefinisikan di awal bahwa tidak perlu melakukan proses packing. Pada proses packing, user akan melakukan packing kargo/barang yang akan dikeluarkan dari gudang.

Delivery Order Notes

Menu Delivery Order Notes adalah menu terakhir Proses Outbound pada aplikasi WMS Cloud. User dapat mendaftarkan lebih dahulu barang/kargo yang akan dikeluarkan. Pada proses Delivery Order, cargo akan dicek terlebih dahulu apakah sudah melakukan proses pembayaran atau belum. Jika sudah, petugas akan memberikan lembar invoice pada customer yang akan membawa keluar kargo. Selain lembar invoice, petugas juga akan memberika Delivery Order Notes atau surat jalan pada customer.

Invoice

Setelah seluruh proses selesai, user dapat membuat invoice dengan sistem WMS Cloud. Layar aplikasi akan secara otomatis menampilkan tombol pembuatan invoice seperti berikut. Invoice dapat dikirimkan melalui email atau dicetak langsung.

Definisi Lokasi Transfer dan Penyimpanan

Pada WMS Cloud user perlu mendefinisikan lokasi pada gudang yang akan digunakan pada saat menentukan lokasi transfer. Hal ini dilakukan agar user tidak salah menempatkan barang pada gudang.

Enter your title here

Benefit

Solusi WMS berfungsi untuk menyediakan informasi transaksi inventory dan jumlah stock secara lebih real time, mengatur lokasi penyimpanan barang, dan melakuan pengelolaan distribusi barang.  Berikut adalah manfaat dari penerapan WMS:

  • Mempercepat lead time proses dengan cara komputerisasi atau otomatis
  • Mengetahui semua transaksi inventory dan jumlah stok lebih cepat dan akurat secara real time
  • Dapat diintegrasikan dengan layanan 3PL (distribusi), e-payment, dan transportasi (TMS)
  • Menyediakan visibilitas layanan bagi para pihak secara end to end

Differentiation To Other Products

  • Memenuhi kebutuhan data akan visibilitas real-time pada inventaris dan posisi penelusuran stok
  • Memberikan pelaporan/dashboard standar otomatis lintas fungsi serta KPI fungsional individual untuk operasi, pengelolaan, dan pengendalian yang lebih baik
  • Fitur Download & Upload dokumen
  • Email Alert Notification secara pro aktif berdasarkan pada kesesuaian/ ketidaksesuaian aktivitas yang sudah ditentukan
  • Skalabilitas sistem IT menurut pertumbuhan/growth
  • Tidak membutuhkan investasi yang tinggi diawal untuk biaya IT
  • Mampu menggenerate dokumen vital dalam operasional pergudangan yang meliputi Surat Penerimaan Barang/Receiving, Surat Jalan/Delivery, Proforma Invoice, Invoice Tagihan, sampai dengan Bukti Nota pembayaran (receipt).
  • Khusus untuk gudang yang memiliki Assest Transportasi/Truck, Aplikasi WMS Cloud mampu mendata dan memetakan Barang yang akan dikirim dengan assest transportasi yang dimiliki Owner Gudang.
INFO GRAFIS
WMSC4
update-fitur1